Honda City Generasi Baru Sedang Disiapkan, Meluncur Akhir Tahun

Honda City Generasi Baru Sedang Disiapkan, Meluncur Akhir TahunHonda City Generasi Baru Sedang Disiapkan, Meluncur Akhir Tahun

Nyaris lima tahun beredar, sudah waktunya Honda City mendapat ubahan. Kabar beredar, generasi terbaru sedang dalam tahap pengembangan. Menurut media asal Thailand, Headlightmag, kemungkinan diluncurkan kuartal keempat 2019 atau paling lambat awal 2020. City termasuk sedan segmen-B yang digemari di Thailand. Seperti generasi keenam sekarang ini, kemungkinan Negeri Gajah Putih menjadi lokasi debut, disusul India dan negara Asia Tenggara lain.

Headlightmag coba membuat render gambar seperti apa wujud City terbaru kelak. Hasilnya sangat memungkinkan untuk terimplementasi bila melihat bahasa desainnya. Gaya rancang Civic, CR-V atau Accord generasi baru sedang menjadi garis desain Honda saat ini. Tapi jika dibanding model sekarang, ubahan terhadap City tidak terlampau revolusioner. Seperti yang dialami dua generasi ke belakang. Beda antara generasi lima dan enam tidaklah signifikan. Namun tetap berubah drastis dari generasi empat (GD8) yang banyak mendapat ulasan negatif.

Diharapkan wajah depan mengambil bahasa desain Honda masa kini yang dipopulerkan Civic. Kesan futuristis didapat dari desain lampu meruncing, grille besar dan diisi banyak garis tajam. Menurut Headlightmag, desain City malah terinspirasi Honda Insight. Dimensi keseluruhan kemungkinan membesar agar kabin bertambah lega.

Untuk pasar Thailand, tersedia dua opsi mesin. Pertama 3-silinder 1,0-liter VTEC Turbo yang berasal dari Civic 1.0 Turbo versi Cina. Transmisi terdiri dari CVT atau manual 6-speed. Belum ada data resmi spesifikasi, mengingat masih dalam tahap pengembangan. Pilihan kedua mesin L15B 4-silinder 1,5-liter yang ditambahkan motor elektrik Hybrid. Tapi bukan hybrid murni, melainkan mild hybrid.

Kedua mesin masuk kategori ramah lingkungan untuk menghadapi regulasi emisi yang kian ketat, terutama di Thailand dan India. Bahkan varian diesel 1,5-liter i-DTEC turbo mungkin tetap tersedia khusus pasar India.

Sejak generasi empat, City berbagi platform dengan Honda Jazz. Begitu pula model baru ini yang bakal disusul oleh Jazz generasi anyar. Setidaknya, kehadiran City membawa kisi-kisi Jazz next-gen. Biasanya punya banyak kesamaan dari sisi mekanis sampai segala fitur.

Generasi keenam Honda City dengan kode GM6 harus diakui semakin berumur. Meluncur sejak 2014 lalu, baru mengalami penyegaran sekali pada pertengahan 2017 dengan penambahan LED di lampu utama. Sedan kompak ini penjualannya tergolong stagnan, sama seperti sedan lainnya di Tanah Air. Dengan banderol Rp 300 jutaan, pilihannya beragam dan banyak yang lebih cocok untuk kondisi jalan di sini. Contohnya saudara satu merek sendiri, Honda HR-V. Meski begitu, sedan punya pasar tersegmentasi dengan konsumen loyal. Model terbarunya tentu selalu ditunggu.

SUMBER : oto.com

No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *